top of page

Gunung Andong || Magelang, Jawa Tengah

Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 1726 mdpl ini memiliki 4 puncak yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa (camp ground), Puncak Alap-Alap dan Puncak Andong. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi. Terdapat 3 jalur pendakian untuk menuju puncak yatiu via basecamp Sawit, via dusun Gogik dan via dusun Pendem. Namun, dari 3 pilihan jalur tersebut jalur via basecamp Sawit adalah yang paling populer.

Jalur pendakian via basecamp Sawit termasuk jelas dan hampir tidak ada percabangan, terdapat 2 shelter yaitu di pos I Watu Pocong dan di pos II Watu Gambir. Jalur pendakian menuju puncak didominasi trek yang menanjak tapi tidak terlalu terjal. Perkebunan warga adalah trek pertama yang akan dilewati, lalu memasuki hutan pinus, dan trek terbuka yang didominasi semak. Jangan khawatir kehabisan air, karena terdapat mata air setelah melewati hutan pinus.

Walaupun bukan termasuk gunung tinggi, namun pemandangan yang didapat saat berada di puncak Andong tidak kalah dengan gunung-gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 3000 mdpl. Di sisi timur berdiri dengan gagah Merbabu dan Merapi, di sisi Barat terlihat Sumbing dan Sindoro. Untuk mendapat view sunset dan sunrise, lebih baik melakukan pendakian siang hingga sore. Mengingat gunung Andong semakin populer dan semakin ramai dikunjungi saat weekend, maka waktu terbaik untuk dapat benar-benar menikmati pendakian dan pemandangan gunung Andong yaitu pada saat weekday (hari kerja) :D.


BAGAIMANA RUTE UNTUK MENUJU BASECAMP SAWIT???


DARI ARAH SELATAN (Magelang, Yogyakarta, Purworejo dan sekitarnya) :

Start dari Terminal Tidar Magelang → belok kanan di pertigaan lampu merah canguk (menuju ke arah Kopeng/Ketep hingga sampai di Pasar Ngablak) → sampai di Pasar Ngablak (perhatikan gapura Pasar Ngablak) → belok kiri melewati gapura dan menuju ke arah Grabag (Mangli) → sekitar 2 km terdapat pertigaan makam Dusun Kenteng (perhatikan petunjuk arah) → belok kiri di pertigaan tersebut menuju basecamp Sawit.


DARI ARAH BARAT (Grabag, Secang, Temanggung, dan sekitarnya):

Start dari terminal Secang / Simpang 3 Secang → Pertigaan Krincing (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah Semarang) → Belok kanan di pertigaan Krincing menuju arah Grabag → Pasar Grabag lurus ke arah Mangli → Mangli (BUPER Mangli) → Naik melewati 2 dusun (Dusun Mantran Wetan dan Mantran Kulon) → Sampai SD Girirejo 2 (belok kiri) menuju basecamp Sawit.


DARI ARAH UTARA (Semarang, Ungaran, Salatiga, dan sekitarnya) :

Start dari jalan raya Semarang - Solo (Terminal Pasar Sapi Salatiga) → belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga - Kopeng) → Kopeng → Lanjut ke arah Magelang → Pasar Ngablak (perhatikan gapura Pasar Ngablak) → belok Kanan di gapura Pasar Ngablak → sekitar 2 km ada pertigaan makam Dusun Kenteng (perhatikan petunjuk arah) → Belok kiri dan ikuti jalan sampai basecamp Sawit.


Kurang lebih seperti itu rute untuk menuju ke basecamp Sawit ( source : gunungandong.wordpress.com ).


BAGAIMANA ESTIMASI WAKTU PENDAKIAN???


Basecamp - Pos I :

Ditempuh sekitar 20 - 30 menit perjalanan. Jalur ladang warga sampai masuk ke arah batas perkebunan dan hutan pinus. Medan menanjak tetapi tidak terlalu terjal.


Pos I - Pos II :

Ditempuh sekitar 30 - 45 menit perjalanan. Jalur melalui hutan pinus. Medan menanjak tapi tidak terlalu terjal.


Pos II - Puncak Jiwa :

Ditempuh sekitar 30 - 60 menit perjalanan. Jalur berkelok-kelok menanjak dengan vegetasi yang mulai terbuka. Sampai di persimpangan belok kanan untuk menuju Puncak Jiwa dan jika lurus menuju Puncak Makam. Terdapat mata air setelah keluar dari area hutan pinus.


Puncak Jiwa - Puncak Andong :

Ditempuh sekitar 5 menit perjalanan.


Okeee, itu dulu ulasan singkat tentang Gunung Andong. Jangan lupa selalu bawa turun sampahmu karena gunung bukan tempat sampah. ^.^


Share :

sometimes it's good to break the rule, and find your freedom.

  • Facebook - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • Google+ - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
Never Miss a Post!
bottom of page